MENENTUKAN PILIHAN COMBOBOX BERDASARKAN COMBOBOX SEBELUMNYA DENGAN PHP

Assalamualaikum wr. Wb.

Selamat pagi!!

Entah kenapa pagi ini (31 Maret 2013) tiba-tiba bergairah pengen bikin tutorial. Ya, walaupun Cuma tutorial sederhana tapi semoga bisa bermanfaat buat pengunjung.

Oh ya, sebelum masuk ke tutorialnya. Kemaren saya diceritain sama temen saya klo ada suami yang kebiasaan ‘ngelindur’ semacam tidur smbil jalan. Nah, pada suatu malam kebiasaan itu terulang lagi dan besok paginya si suami Tanya ke istri. ‘aku kemaren malem pipis tapi koq pas aku buka pintunya, lampunya langsung nyala ya ma??’. Tanya si suami. Istrinya pun sedikit menghela nafas, ‘tuh kan papa pipis di kulkas lagi’. Jawab sang mama mengeluh.

Tapi tutorial kali ini ga’ bahas bagaimana cara ‘ngelindur’ yang baik atau bagaimana cara pipis yang baik. Kadang ada suatu kasus di sistem informasi khususnya yg berbasis web mengenai penggunaan combo box, seperti ini kasusnya jika terdapat 2 combo box dan satu combo box isinya tergantung pada combo box yang lainnya. Misalkan ada combo box1 yang isinya nama-nama provinsi yang ada di Indonesia dan combo box2 isinya nama-nama kota tiap provinsi yang ada di Indonesia. Ketika combo box memilih provinsi jawa timur maka combo box2 akan menampilkan nama-nama kota yang ada di jawa timur seperti malang, Surabaya, mojokerto dll. Tapi tidak mungkin menampilkan kota semarang, jepara dan solo karena kota-kota tersebut tidak terdapat di provinsi jawa timur. Nah, tutorial kali ini akan membuat program sederhana seperti yang sudah dijelaskan diatas. Apa aja yang perlu disiapkan, let’s check this out!

1. Pertama kalian haru membuat sebuah database yang di dalamnya terdapat table provinsi dan kota. Kurang lebih seperti ini tabelnya.

tabel prov

tabel kota

2. Setelah itu pada table kota terdapat ‘id_prov’ yang merupakan id dari provinsi pada table ‘provinsi’. Maka dari itu, kita akan membuat relasi antar kedua table tersebut dengan ‘id’ pada table ‘provinsi’ sebagai primary key dan ‘id_prov’ pada table kota sebagai foreign key. Lihat gambar di bawah ini:

alter table

Continue reading

ANIMASI TEKS BERJALAN DENGAN JAVA THREAD : SEDERHANA

Assalamualaikum wr.wb

Ketemu lagi nih ma Afrizalbotong, kali ini saya akan sharing mengenai java Thread. Program yang saya buat kali ini adalah mengenai animasi teks berjalan dengan Thread, yang nantinya akan menggunakan button sebagai pengendalinya.

Ok. Langsung aja nggak pake’ banyak omong, nih dia formnya:

Pada form tersebut terdapat button ‘jalankan’ dan ‘hentikan’. Ketika tombol ‘jalankan’ di-klik maka kalimat ‘Mawar!, maafin Marwan ya…!’ akan berjalan ke arah kiri dan kanan. Ketika button ‘hentikan’ di-klik maka teks tersebut otomatis akan berhenti. Dalam pergerakan teks tersebut kita menggunakan thread dan class dari form tersebut kita gunakan implements Runnable.

Ini dia source code untuk menggerakkan teks.

public void run() {
while (!jalan) {
if(gerak==true){
x++;
x1–;
if(x == (w – teks.getSize().width) ){
gerak = false;
}
}else{
x–;
x1++;
if(x==0){
gerak = true;
}
}
try {
t.sleep(10);
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
teks.setBounds(x, teks.getY(), teks.getWidth(), teks.getHeight());
teks1.setBounds(x1, teks1.getY(), teks1.getWidth(), teks1.getHeight());
}
}

Source code dipanggil pada saat button ‘jalankan’ di-klik.

jalan = false;
t = new Thread(this);
t.start();

Source code untuk menghentikan animasi dipanggil pada button ‘hentikan’ di-klik.

jalan = true;

Berikut tampilan animasi ketika button ‘jalankan’ di-klik.

Ok. Sampai disini dulu yah..semoga sharing kali ini bisa bermanfaat buat kalian…:D

STREAM JAVA SOURCE CODE : SEDERHANA

berikut ini contoh source code java stream. langsung aja yah ga usah banyak omong. check this out!

source code untuk menginputkan string dengan stream.


import java.io.*;
public class inputkarakter {

public static void main(String[] args)throws IOException{
System.out.println("masukkan sembarang karakter");
InputStreamReader in = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(in);
String s = br.readLine();
System.out.println("kata yang anda masukkan adalah "+s);
//char ch = (char)br.read();
//System.out.println("karakter yang anda masukkan yaitu "+ch);
}

}

source code untuk membaca isi file yang diambil dari direktori anda.


import java.io.*;
public class bacafile {

public static void main(String[] args){
FileInputStream input = null;
FileInputStream input2 = null;
int data;
int data2;
//membuka file
try{
input = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjing.txt");
input2 = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/lu.txt");

}catch(FileNotFoundException e){
System.out.println("file tidak ditemukan");

}
//membaca data dari file
System.out.print("file pertama : ");
try{
while((data=input.read()) != -1){
System.out.print((char)data);
}
System.out.println();
}catch(IOException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
System.out.print("file kedua : ");
try{
while((data2 = input2.read()) != -1){
System.out.print((char)data2);
}
}catch(IOException e2){
System.out.println(e2.getMessage());
}

//menutup file
try{
input.close();
}catch(IOException e){

}
}

}

source code untuk menggabungkan 2 file.


import java.io.*;
public class gabungFile {

public static void main(String[] args) throws IOException{
FileInputStream anjing = null;
FileInputStream lu = null;
BufferedReader br = null;
BufferedReader brd = null;
DataInputStream d = null;
DataInputStream c = null;
String data = null;
FileWriter fw = null;
BufferedWriter out = null;

try{
anjing = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjing.txt");
lu = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/lu.txt");
d = new DataInputStream(anjing);
c = new DataInputStream(lu);
br = new BufferedReader(new InputStreamReader(d));
brd = new BufferedReader(new InputStreamReader(c));
data = br.readLine()+" "+brd.readLine();
//System.out.println(data);
fw = new FileWriter("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjinglu.txt");
out = new BufferedWriter(fw);
out.write(data);
out.close();
}catch(FileNotFoundException e){
System.out.println("data nggak ada");
}
}
}

untuk mempelajari source code sederhana ini jangan anda copy-paste. tetapi cobalah dengan mengetiknya sendiri kemudian pelajari source code tersebut.

Sekilas Tentang Packet Tracer

Packet Tracer adalah software yang digunakan untuk simulasi sebuah jaringan komputer. software ini dikembangkan oleh CISCO.

jadi sebelum kalian mengkonfigurasi jaringan komputer ada baiknya kalian menggunakan software ini sebagai simulasi. software tersebut sangat berguna ketika kita akan membuat sebuah jaringan (LAN Misalnya) ketika disimulasikan dan jaringan tersebut berjalan semestinya maka kalian tinggal menerapkan isi dari software tersebut. sedangkan jika kita tidak menggunakan software tersebut dan ketika di tengah-tengah pengembangan jaringan ada masalah pada jaringan maka otomatis anda harus mengubah kembali susunan konfigurasi jaringan anda. software ini tidak terbatas pada jaringan lokal (LAN) aja tetapi banyak model jaringan yang didukung disini, misalnya:WLAN, MAN dll.

oh, ya software ini gratis loh. kalian bisa download software tersebut tanpa dipungut biaya apapun kecuali biaya sewa warnet….di dunia maya juga banyak beredar tutorial-tutorial mengenai penggunaan packet tracer itu sendiri apalagi sudah disertai dengan studi kasusnya, jadi tambah semangat belajarnya.

ERD Sistem Informasi Travel sederhana

sistem informasi ini adalah sistem informasi Travel agency sederhana (kyak nama warung ja gan…). sistem informasi ini dibuat untuk menambah pengalaman mahasiswa dan untuk menyelesaikan tugas pembuatan sistem informasi.

sebelum ke system nya kita ‘sambangi’ dulu ERD-nya. di bawah ini adalah ERD dari sistem informasi ini. let’s check this out!

kalau ada dari saudara-saudara ada masukan atau dalam pembuatan ERD di atas ada kesalahan tolong tinggalkan komentarya.