MENENTUKAN PILIHAN COMBOBOX BERDASARKAN COMBOBOX SEBELUMNYA DENGAN PHP

Assalamualaikum wr. Wb.

Selamat pagi!!

Entah kenapa pagi ini (31 Maret 2013) tiba-tiba bergairah pengen bikin tutorial. Ya, walaupun Cuma tutorial sederhana tapi semoga bisa bermanfaat buat pengunjung.

Oh ya, sebelum masuk ke tutorialnya. Kemaren saya diceritain sama temen saya klo ada suami yang kebiasaan ‘ngelindur’ semacam tidur smbil jalan. Nah, pada suatu malam kebiasaan itu terulang lagi dan besok paginya si suami Tanya ke istri. ‘aku kemaren malem pipis tapi koq pas aku buka pintunya, lampunya langsung nyala ya ma??’. Tanya si suami. Istrinya pun sedikit menghela nafas, ‘tuh kan papa pipis di kulkas lagi’. Jawab sang mama mengeluh.

Tapi tutorial kali ini ga’ bahas bagaimana cara ‘ngelindur’ yang baik atau bagaimana cara pipis yang baik. Kadang ada suatu kasus di sistem informasi khususnya yg berbasis web mengenai penggunaan combo box, seperti ini kasusnya jika terdapat 2 combo box dan satu combo box isinya tergantung pada combo box yang lainnya. Misalkan ada combo box1 yang isinya nama-nama provinsi yang ada di Indonesia dan combo box2 isinya nama-nama kota tiap provinsi yang ada di Indonesia. Ketika combo box memilih provinsi jawa timur maka combo box2 akan menampilkan nama-nama kota yang ada di jawa timur seperti malang, Surabaya, mojokerto dll. Tapi tidak mungkin menampilkan kota semarang, jepara dan solo karena kota-kota tersebut tidak terdapat di provinsi jawa timur. Nah, tutorial kali ini akan membuat program sederhana seperti yang sudah dijelaskan diatas. Apa aja yang perlu disiapkan, let’s check this out!

1. Pertama kalian haru membuat sebuah database yang di dalamnya terdapat table provinsi dan kota. Kurang lebih seperti ini tabelnya.

tabel prov

tabel kota

2. Setelah itu pada table kota terdapat ‘id_prov’ yang merupakan id dari provinsi pada table ‘provinsi’. Maka dari itu, kita akan membuat relasi antar kedua table tersebut dengan ‘id’ pada table ‘provinsi’ sebagai primary key dan ‘id_prov’ pada table kota sebagai foreign key. Lihat gambar di bawah ini:

alter table

Continue reading

Advertisements

Rais Kei dalangi bentrok antar kelompok

Kepolisian Daerah Metro Jaya mengkonfirmasi dua orang tewas terkait bentrokan antarkelompok di Cengkareng, Jakarta Barat, siang tadi. Para pelaku yang tertembak aparat digerakkan oleh kelompok Kei.

“Yang menggerakkan mereka itu adalah Rais Kei. Saat ini dia masih kita cari,” kata Kasat Resmob Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan kepada detikcom, Rabu (29/8/2012).

Dalam upaya pengamanan bentrokan itu, aparat melakukan tindakan tegas dengan menembak para pelaku karena berupaya melawan petugas. Dalam insiden itu, satu orang tewas dan dua lainnya terluka.

“Betul, satu orang yang tewas. Atas nama Semi Bingo dengan luka tembak di kepala,” ujarnya.

Sementara itu, seorang lainnya bernama Abdul mengalami luka tembak pada bagian punggung.

“Mereka anak buah Rais Kei,” kata dia.

Herry mengatakan, tindakan penembakan aparat dilakukan karena para pelaku berupaya menabrak anggota Polantas, AKP Wawan yang berupaya mendata 10 orang pria yang berada dalam Toyota Innova warna hitam.

“Sudah dilakukan pencegatan oleh anggota lantas tetap tidak mau berhenti malah menabrak anggota lantas, lalu dilakukan tembakan peringatan tidak mau berhenti juga, dilakukan tembakan peringatan kedua tidak juga berhenti maka dilakukan tindakan tegas penembakan mobill inova tersebut,” jelasnya.

Saat digeledah, polisi menemukan senjata tajam dan balok, di dalam mobil tersebut.

arti sebuah nama…??

sekarang gue coba bahas sedikit mengenai nama, kadang orang berpikir nama itu penting banget, saking pentingnya nama mereka di buat sekeren mungkin bahkan sampek meniru nama luar negeri. kyak misalnya alex, mestinya nama alex itu orangnya putih, tinggi dan ganteng. klo yang ni alex asli kebumen hitam, tingginya tanggung, mukanya pas-pasan (pas ganteng ya ganteng, klo pas jelek ya jelek banget), tiap hari kerjanya nyangkul(ketauan kan hitamnya seperti apa, orang dia berteman dengan matahari). tapi ada juga orang yang acuh tak acuh dengan nama sebutan pada dirinya, mungkin golongan yang satu ini berpikir klo sebutan itu membuat akrab, WHY NOT (kenapa kacang????). gue nggak hbis pkir da orang yang dipanggil ‘Mblenyek’, gue nggak ngebayangin dia orang yang gue bayangin dia tuh sejenis tai kucing yang ga sengaja diinjak becak. trus da lgi ni yang dipanggil ‘Gembuk’, gila ya. koq bisa nama tuh orang berubah jadi ‘Gembuk’ tuh orang apa ban dalem…..

yang jelas jangan sampek memberi nama pada sesuatu tanpa ada arti tertentu, selain merugikan diri sendiri nanti juga membuat orang lain jadi berpikiran jelek terhadap sesuatu tersebut. mungkin salah mengartikan nama pada sesuatu juga terjadi pada Band yang da di indonesia. klo orang yang ga prnah dengar nama Band Kotak, mungkin ketika di tanya ‘Kotak tu dalemnya pa ja’. mungkin mreka menjawab, da nasi putih, ayam, mie ma kentang’. di kira nasi Kotak kali ya….mungkin ada juga dri kalian yang ga kenal Band Dewa, ktika ditanya personilnya spa aja klia yang ga tau malah jawab, Dewa Petir sbg vokalis, Dewa Hujan sbg Gitaris, Dewa Angin sbg Basis, Dewa Bumi sbg Drummer dan Dewa Api sbg Keyboardis, tu Band apa Film Sun Go Kong….

nggak cuma nyeberang jalan harus hati2. nggak cuma nyari pacar harus pilih2. memberikan nama pada sesuatu juga harus hati2 tpi nggak perlu tengok kanan-kiri yang jelas harus tau arti.

ok, sampek sini dulu. saya Afrizalbotong. pamit!

Kemeja AnTI-UIN Crew

kadang kala suatu komunitas itu membutuhkan suatu identitas untuk menandai anggota pada komunitas itu sendiri, berbagai macam aksesoris atau barang dijadikan identitas dari suatu komunitas itu sendiri.

berdasarkan hal tersebut maka akan lebih baiknya jika AnTI UIN juga mempunyai identitas sendiri agar bisa diketahui oleh orang banyak. pemilihan kemeja sebagai identitas adalah agar bisa juga dipakai untuk aktivitas akademika. langsung aja ke desainnya:

desain 1

hasil

 

desain 2

hasil setengah jadi

Harga :

lengan panjang Rp 80.000

lengan pendek Rp 75.000

so yang mau order silakan hubungi saya 085746568851 atau klik link order here

kaos ala khan

siapa coba yang nggak suka film…mulai film kategori anak-anak, remaja sampai dewasa. mulai yang drama, horor sampai yang action.

setiap orang pasti punya selera tersendiri untuk menonton film. tapi, yang paling terpenting adalah ada nilai positif yang diambil oleh penonton ketika selesai menonton sebuah film.

ya, gambar di atas adalah salah satu adegan sebuah film. film tersebut berjudul My Name Is Khan, film tersebut dibintangi oleh aktor terkenal India Shahrukh Khan. disini saya nggak amu bahas alur film tersebut seperti apa dan bagaimana.

disini saya hanya berbagi bahwa ada hal positif yagn saya dapat ketika selesai menonton film tersebut. ada sebuah ide yang keluar ketika saya selesai menonton film My Name is Khan tersebut.

masih ingatkah kalian dengan salah satu dialog dari Khan yang seperti ini, ‘Mr. President, My name is Khan and i’m not a terorist’.

dari dialog tersebut muncul ide cemerlang untuk memasukkan kalimat tersebut ke dalam sebuah desain kaos. tapi kata ‘Khan’ tersebut diganti dengan nama seseorang, entah itu nama sendiri, nama ortu atau nama pacar kalian, ok mendingan kita langsung ke contoh aja.check it out!

gimana…keren n gaul abis kan…so buat kalian yang pngen buat kaos ‘ala khan’ dengan nama klian buruan order dan hubungi gue, cuma 45rb aja….don’t miss it.

ANIMASI TEKS BERJALAN DENGAN JAVA THREAD : SEDERHANA

Assalamualaikum wr.wb

Ketemu lagi nih ma Afrizalbotong, kali ini saya akan sharing mengenai java Thread. Program yang saya buat kali ini adalah mengenai animasi teks berjalan dengan Thread, yang nantinya akan menggunakan button sebagai pengendalinya.

Ok. Langsung aja nggak pake’ banyak omong, nih dia formnya:

Pada form tersebut terdapat button ‘jalankan’ dan ‘hentikan’. Ketika tombol ‘jalankan’ di-klik maka kalimat ‘Mawar!, maafin Marwan ya…!’ akan berjalan ke arah kiri dan kanan. Ketika button ‘hentikan’ di-klik maka teks tersebut otomatis akan berhenti. Dalam pergerakan teks tersebut kita menggunakan thread dan class dari form tersebut kita gunakan implements Runnable.

Ini dia source code untuk menggerakkan teks.

public void run() {
while (!jalan) {
if(gerak==true){
x++;
x1–;
if(x == (w – teks.getSize().width) ){
gerak = false;
}
}else{
x–;
x1++;
if(x==0){
gerak = true;
}
}
try {
t.sleep(10);
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
teks.setBounds(x, teks.getY(), teks.getWidth(), teks.getHeight());
teks1.setBounds(x1, teks1.getY(), teks1.getWidth(), teks1.getHeight());
}
}

Source code dipanggil pada saat button ‘jalankan’ di-klik.

jalan = false;
t = new Thread(this);
t.start();

Source code untuk menghentikan animasi dipanggil pada button ‘hentikan’ di-klik.

jalan = true;

Berikut tampilan animasi ketika button ‘jalankan’ di-klik.

Ok. Sampai disini dulu yah..semoga sharing kali ini bisa bermanfaat buat kalian…:D

STREAM JAVA SOURCE CODE : SEDERHANA

berikut ini contoh source code java stream. langsung aja yah ga usah banyak omong. check this out!

source code untuk menginputkan string dengan stream.


import java.io.*;
public class inputkarakter {

public static void main(String[] args)throws IOException{
System.out.println("masukkan sembarang karakter");
InputStreamReader in = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(in);
String s = br.readLine();
System.out.println("kata yang anda masukkan adalah "+s);
//char ch = (char)br.read();
//System.out.println("karakter yang anda masukkan yaitu "+ch);
}

}

source code untuk membaca isi file yang diambil dari direktori anda.


import java.io.*;
public class bacafile {

public static void main(String[] args){
FileInputStream input = null;
FileInputStream input2 = null;
int data;
int data2;
//membuka file
try{
input = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjing.txt");
input2 = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/lu.txt");

}catch(FileNotFoundException e){
System.out.println("file tidak ditemukan");

}
//membaca data dari file
System.out.print("file pertama : ");
try{
while((data=input.read()) != -1){
System.out.print((char)data);
}
System.out.println();
}catch(IOException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
System.out.print("file kedua : ");
try{
while((data2 = input2.read()) != -1){
System.out.print((char)data2);
}
}catch(IOException e2){
System.out.println(e2.getMessage());
}

//menutup file
try{
input.close();
}catch(IOException e){

}
}

}

source code untuk menggabungkan 2 file.


import java.io.*;
public class gabungFile {

public static void main(String[] args) throws IOException{
FileInputStream anjing = null;
FileInputStream lu = null;
BufferedReader br = null;
BufferedReader brd = null;
DataInputStream d = null;
DataInputStream c = null;
String data = null;
FileWriter fw = null;
BufferedWriter out = null;

try{
anjing = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjing.txt");
lu = new FileInputStream("E:/semester VI/Praktikum Sister/lu.txt");
d = new DataInputStream(anjing);
c = new DataInputStream(lu);
br = new BufferedReader(new InputStreamReader(d));
brd = new BufferedReader(new InputStreamReader(c));
data = br.readLine()+" "+brd.readLine();
//System.out.println(data);
fw = new FileWriter("E:/semester VI/Praktikum Sister/anjinglu.txt");
out = new BufferedWriter(fw);
out.write(data);
out.close();
}catch(FileNotFoundException e){
System.out.println("data nggak ada");
}
}
}

untuk mempelajari source code sederhana ini jangan anda copy-paste. tetapi cobalah dengan mengetiknya sendiri kemudian pelajari source code tersebut.

AGENDA WAWANCARA DAN PROBLEM STATEMENT

Wah..wah…kyaknya udah lama nih nggak posting apapun di blog ini..pasti banyak yang kangen..hheee

Ok. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk sharing mengenai tugas saya dalam pembuatan sistem informasi. Tugas ini adalah tugas dari matakuliah Praktikum APS yang mestinya daya ambil pada semester 4. Namun, karena beberapa hal pada semester 4 kemaren matakuliah ini tidak saya ambil. Pembuatan sistem ini lebih mengutamakan prosedur dalam pembangunan SI. Oleh karena itu, selanjutnya isinya hanya mengenai tulisan-tulisan seperti bentuk laporan sebagai konsep pembangunan sistem informasi tersebut. Oh ya, tugas yang saya buata adalah Sistem Informasi Pengelolaan Masjid.

Ok langsung aja yang pertama waktu itu saya melakukan wawancara kepada pemilik proyek (berlagak wartawan). Beberapa pertanyaan sudah disiapkan seperti berikut: Continue reading

Sekilas Tentang Packet Tracer

Packet Tracer adalah software yang digunakan untuk simulasi sebuah jaringan komputer. software ini dikembangkan oleh CISCO.

jadi sebelum kalian mengkonfigurasi jaringan komputer ada baiknya kalian menggunakan software ini sebagai simulasi. software tersebut sangat berguna ketika kita akan membuat sebuah jaringan (LAN Misalnya) ketika disimulasikan dan jaringan tersebut berjalan semestinya maka kalian tinggal menerapkan isi dari software tersebut. sedangkan jika kita tidak menggunakan software tersebut dan ketika di tengah-tengah pengembangan jaringan ada masalah pada jaringan maka otomatis anda harus mengubah kembali susunan konfigurasi jaringan anda. software ini tidak terbatas pada jaringan lokal (LAN) aja tetapi banyak model jaringan yang didukung disini, misalnya:WLAN, MAN dll.

oh, ya software ini gratis loh. kalian bisa download software tersebut tanpa dipungut biaya apapun kecuali biaya sewa warnet….di dunia maya juga banyak beredar tutorial-tutorial mengenai penggunaan packet tracer itu sendiri apalagi sudah disertai dengan studi kasusnya, jadi tambah semangat belajarnya.

Robbie Keane Bawa LA Galaxy Ungguli Indonesia Selection

Striker Robbie Keane memberikan LA Galaxy kemenangan tipis 1-0 atas Indonesia Selection dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (30/11).

Di laga ini, bintang LA Galaxy David Beckham tampil selama 85 menit untuk menghibur publik sepakbola yang menyaksikan langsung di stadion maupun melalui layar kaca.
Indonesia Selection langsung memperagakan permainan cepat untuk membongkar pertahanan LA Galaxy. Taktik ini sempat membuat pemain klub Liga Utama Amerika Serikat (MLS) itu cukup terkejut.

Namun, LA Galaxy mulai mengembangkan permainannya, dan memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia Selection. Kombinasi umpan panjang dan pendek memaksa barisan belakang tuan rumah bekerja keras.

Upaya LA Galaxy untuk unggul lebih dulu membuahkan hasil pada menit ke-13. Kemelut di depan gawang Indonesia Selection berhasil dimanfaatkan mantan penyerang Tottenham Hotspur itu untuk menjebol gawang Andritany Ardiyasa.

Menjelang babak pertama berakhir, rangkaian serangan yang dibangun LA Galaxy mengancam pertahanan Indonesia Selection. Dalam satu menit, dua tendangan pemain LA Galaxy, Sean Franklin dan Adam Christman menerpa mistar gawang. Skor 1-0 tidak berubah hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, pelatih Indonesia Selection melakukan sejumlah pergantian pemain. Kiper Kurnia Meiga dimasukkan menggantikan Andritany.

Di lain sisi, LA Galaxy melakukan perubahan permainan. Tim besutan Bruce Arena itu mengubah serangannya ke pertahanan Indonesia Selection. Tusuk dari sisi kanan melalui pergerakan Frankie Hejduk lebih sering dilakukan.

Serangan melalui Hejduk ini beberapa kali merepotkan barisan pertahanan lawan. Pada menit ke-64, Galaxy memperoleh peluang. Namun tendangan Mike Magee masih menerpa mistar gawang.

Selepas menit ke-70, Indonesia Selection mulai memberikan perlawanan sengit. Sedangkan LA Galaxy mulai menurunkan tempo permainan. Kesempatan ini dimanfaatkan Indonesia Selection untuk menekan pertahanan LA Galaxy.

Kendati melakukan tekanan, penyelesaian akhir yang buruk membuat Indonesia Selection gagal menjebol gawang LA Galaxy. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.